Follow:
Wedding Story

When East Meet West (Part VI) – Drama Catering dan Dekorasi

Pemilihan Catering

Selain gedung, catering jadi salah satu aspek terpenting dan ‘must have’-nya dalam sebuah acara resepsi wedding di Indonesia. Dari awal saya dan bebeb ingin, gimanapun nikahannya nanti, pokoknya tamu harus happy dan bisa kebagian makanan. Jangan sampe ketika semua aspek disiapkan dengan maksimal, eh malah ada tamu yang gak kebagian makanan padahal mereka udah jauh-jauh datang menerjang macet, panas, dan mungkin hujan. Banyak juga tamu kami yang datang dari luar kota dan luar pulau.

Sehingga setelah gedung di-booking, vendor kedua yang kami survey adalah catering. Ada beberapa vendor yang kami datangi secara langsung, ikutan test-food, dan tanya-tanya ke customernya. Kami ingin cari vendor catering yang masakanya enak, managemennya amanah, terpercaya, dan…..harga paketannya murah 😁.

Menu buffet Sekarwangi Catering. Photo by Athaya Stories.

Agak susah sebenernya nyari vendor catering kayak gitu. Banyak vendor-vendor bagus di Bandung yang kami survey (dan emang makanannya enak banget), tapi harganya gak masuk di budget kami. Sempet hopeless juga nyari yang murah di kota, sampe kepikiran mau nikah di rumah nenek aja di Kebumen biar cateringnya murah atau bahkan rewangan tetangga. Yhaaa saking harga catering di Kota Bandung ini suka ngajak bercanda.

Setelah nanya sana-sini dan ceki ceki langsung vendor-vendor yang sesuai kriteria kami, pilihan kami dikerucutkan ke tiga vendor: Anugerah Catering, Bungsuna Catering, dan Sekarwangi Catering. Pilihan kami jatuh kepada Sekarwangi, karena kebetulan ibu saya kenal baik dengan ownernya. Beberapa kali Ibu menggunakan jasa catering tersebut untuk acara tasyakuran di sekolah. Jadi kualitas makanan dan managemennya udah pernah dirasakan sendiri.

Nah tapiiiiii….di tengah perjalanan ada drama yang lumayan ngefek ke budget plan yang sudah saya atur. Gegaranya adalah miskomunikasi dari pihak saya dan ibu saya.

Area stall by Sekarwangi. Photo by Athaya Stories.

Dikarenakan kerjaan di Jakarta yang cukup menyita perhatian, masalah catering ini saya serahkan ke Ibu saya untuk koordinasi langsung dengan ownernya. Saya pikir Catering ini sudah termasuk jasa dekorasi (baik pelaminan maupun area catering itu sendiri). Tapi ternyata, dengan paket harga yang ditawarkan dan dinego oleh ibu saya, paket ini belum termasuk dekorasi sama sekali.

Hal ini baru saya ketahui sekitar 2 bulan menjelang pernikahan. Agak shock dan sempet bingung mau gimana karena otomatis budget saya berubah. Mesti nambah budget yang jumlahnya gak kecil. Sempet kepikiran juga mau ganti vendor karena saya sudah tau paketan harganya include dekor, tapi waktunya sudah sangat terbatas. Apalagi ibu saya sudah nego sama ownernya, sudah DP juga. Dengan pertimbangan ini itu, akhirnya saya putuskan untuk mencari vendor dekorasi pelaminan terpisah dari vendor catering. Sedangkan dekorasi area catering tetap saya serahkan ke Sekarwangi supaya koordinasi antara catering dan dekorasi catering gak berantakan (meskipun dengan biaya tambahan tentunya).

Dekorasi area Catering by Sekarwangi. Photo by Athaya Stories.
Dekorasi VIP by Sekarwangi. Photo by Athaya Stories.
Dekorasi meja VIP by Sekarwangi. Photo by Athaya Stories.

Aksen Decoration

Demi apapun, vendor Aksen Decoration ini gak pernah terbayang ada di list saya. Berani berharap pun tidak, karena saya tau budget saya gak akan masuk kesana 😅🤣. Jadi dari awal saya survey pun gak pernah tertarik nanya pricelistnya karena udah pasti waaaay beyond my budget. Maka dari itulah sedari awal saya nyari vendor catering yang sudah include sama dekorasi. Gak mesti mewah, yang penting proper dan warnanya gak jomplang aja saya udah bahagia.

Alhamdulillah, lagi-lagi rejeki dari Allah, WO saya kenal baik dengan Aksen. Beberapa kali sering kerjasama juga, akhirnya WO saya menyarankan untuk pakai Aksen dengan nego-nego yang dibantu olehnya. Setelah saya jumlah jambleh, pengeluaran dekor dan catering masih bisa ditoleransi ketimbang saya cari vendor dekorasi lain yang ratenya di bawah Aksen, tapi dekorasinya kurang pas buat kami.

Ditambah saya agak parno dengan cerita-cerita orang (di blog, true story yang saya dengar via vendor-vendor) tentang orang-orang yang ‘ditipu’ sama vendor dekor. Ada yang kualitasnya jelek banget gak sesuai yang dijanjikan lah, ada yang lari pas H-1 lah, pokoknya macem-macem. Jadi saya pikir dengan waktu yang terbatas, lebih baik gak spekulasi. WO saya sudah kenal dan berkali-kali kerjasama dengan Aksen, terlebih lagi portfolio dekorasinya bagus dan dipercaya banyak orang. Akhirnya kami putuskan untuk memakai Aksen Decoration dan hasilnya alhamdulillah sama sekali tidak mengecewakan 😍

Lila Decoration

Apa pula ini vendor dekorasi kok banyak amat???!!

Jadi ceritanya, awal Januari 2018 saya sudah survey beberapa vendor Catering. Ketika saya tanya paketan dekorasinya, kebanyakan dari mereka gak menyediakan area photobooth kalau pengen harga dekornya murah. Sedangkan kalau mau pake photobooth, mesti nambah budget sekitar 2,5 – 3 juta buat area foto-foto doang gengsssss. Gemesh emang.

Karena ibu saya insists kalau area photobooth mesti ada karena emak-emak jaman now suka foto-foto, akhirnya saya mikir gimana bisa dekor area photobooth sendiri. Sempet kepikiran mau pake jasa temen sukarela aja buat ngehias tapi temen-temen saya area Jabodetabek semua. Mau ngedekor sendiri takutnya malah riweuh, mana manten sebelum nikah kudu dipingit segala. Akhirnya saya hunting vendor dekorasi photobooth simple di Instagram. Ketemulah saya sama Lila Decoration ini.

Pas banget saat itu Lila baru buka cabang di Bandung. Followers IG-nya bahkan gak sampe 100 orang. Setelah tanya pricelist, kebetulan banget Lila lagi diskon potongan 200 ribu untuk paket yang saya pilih (Wooden Backdrop 2×2 meter). Paket dekorasi saya yang seharusnya di angka 750 ribu jadi cuma 550 ribu sajahhh. Gimana gak bahagia coba, dekor photobooth 2,5 juta beneran bisa dipangkas drastis!

Akhirnya gak pikir panjang, saya langsung booking di bulan Januari pas lagi masa promo. Meskipun vendor catering belum pasti, saya pikir gapapalah daripada nanti susah nyari vendor dekor yang murah (karena biaya dekor di Bandung ga ada yang murahhh 😭).

Ternyata ending-endingnya saya pake vendor Aksen yang udah full décor. Sempet kepikiran mau pake dekorasi photobooth Lila buat acara lamaran, tapi acara lamaran saya jauh di Kebumen sana. Jadi daripada gak dipake dan uangnya hangus, yaudah deh saya pake buat ngisi area gedung biar gak sepi-sepi amat. Alhamdulillah tetep kepake 😁

Lila Decoration ini cocok dan sangat recommended banget buat acara private wedding, lamaran, siraman, atau buat photobooth-photobooth event-event. Dari pertama kali tanya-tanya pricelist ke mba Eliza, responnya cepet dan ramah sekali. Pelayanannya juga maksimal, on-time, dan no drama. Pokoknya mantep dan recommended!!! ***

(To be continued to Part VIII)

Share:
Previous Post Next Post

You may also like

1 Comment

  • Reply Ratu

    Dear brides and grooms to be
    Salam hangat dari HIS Seskoad Grand Ballroom Bandung.
    Kami dengan bangga mempersembahkan venue terbaru kami yaitu “HIS Seskoad Grand Ballroom”, Gedung seskoad yang berletak strategis nan mewah yang menjadi favorit para calon pengantin ini kini berada di naungan HIS, untuk itu fasilitas yang terdapat di gedung seskoad grand ballroom kini berstandard seperti gedung HIS lainnya, “Ballroom full karpet eksklusif, AC, Lampu Kristal, dan design ruangan yang elegan&mewah”. Selain gedung, kami juga bekerjasama dengan banyak pilihan vendor ternama di Bandung, mulai dari catering, busana&MUA, dekorasi, music&entertaiment, fotografi&videografi, MC, wedding car, hingga pelayanan yang kami miliki untuk membantu calon pengantin dari awal sampai akhir yaitu, Wedding Public Relations, Wedding Planner, dan Wedding Executor. Dengan sistem “One Stop Wedding Service”, Kami pastikan akan memberikan pelayanan terbaik di hari Bahagia akang teteh, yang pasti akan sangat worth it dengan fasilitas dan pelayanan yang kami berikan serta BONUS FANTASTIS! untuk akang teteh calon pengantin Cuma di HIS SESKOAD GRAND BALLROOM.

    For more info and detail call :
    Wedding Public Relation HIS Seskoad Grand Ballroom
    RATU : 087827900910 (WA)
    INSTAGRAM : @his_seskoad @ratu.hisseskoad

    See u brides and grooms to be!
    – HIS Wedding Venue Organizer-

    August 27, 2020 at 3:38 am
  • Leave a Reply

    %d bloggers like this: