Follow:
Wedding Story

When East Meet West (Part V) – Gedung, Wedding Organizer, Masjid, dan MUA

Gedung Cendrawasih Lanud Sulaiman

Bagian depan dari Gedung Cendrawasih. Photo by Athaya Stories.

Gedung ini jadi venue terfavorit para Barkov alias “Barudak Kovo”. Sewa venue resepsi di Bandung rata-rata harganya udah di atas 10 juta, belum lagi dibatasin oleh jam sewa yang ketat. Itupun gak jamin lokasinya dekat dari rumah dan akses parkirnya luas.

Alhamdulillah banget masih kebagian dapet slot resepsi di Gedung ini dengan rate di bawah 7 juta. Lokasi sangat dekat dari rumah dan tempat akad, mudah dijangkau dan akses parkir luas banget gak ganggu area sekitar. Tapi kendalanya karena ini Gedung milik TNI-AU, jika sewaktu-waktu dibutuhkan secara tiba-tiba, kita mesti siap-siap buat cari alternatifnya. Ngeri yaaaa.

Untuk wedding di akhir pekan biasanya aman, karena ga ada acara kedinasan. Proses booking saya lakukan setahun sebelumnya buat ngelock tanggal. Iya, SETAHUN sebelumnya, karena gedung ini paling banyak peminatnya. Bahkan ketika ibu saya booking di Desember 2017, slot udah full-booked sampe pertengahan September 2018. Segitunya bok!

Tips: ketika survey venue, mesti dipastikan apa aja fasilitasnya. Apakah AC dan blower cukup, listriknya gimana, dan kursinya gimana. Di konteks saya, AC dan blower sudah cukup disediakan, listrik juga mencukupi, tapi kursi ternyata gak di-provide karena ada aturan terbaru dari manajemen gedung. Akhirnya saya mesti sewa kursi dan tenda sendiri buat area makan, supaya area dalam gedung bisa fokus dipake untuk ambil makanan, dan supaya semua tamu bisa duduk ketimbang makan sambil berdiri.

Trust Wedding Organizer

Team Trust WO plus MC Kang Denny Dewangga. Photo by: Athaya Stories.

Meskipun perencanaan wedding sebagian besar dihandle oleh saya sendiri, dalam pelaksanaan di lapangan tetap membutuhkan peran WO, atau field coordinator yang akan mengkoordinasi semua vendor dan rundown acara. Awalnya saya mau pake jasa beberapa WO terpercaya di Kota Bandung, udah ngeriset beberapa vendor juga. Qadarullah, kok ya pas banget punya adek kandung yang lagi hobi-hobinya nge-WO tiap weekend.

Lead WO (kanan), yang merupakan adik saya sendiri 😅. Photo by Athaya Stories.

Akhirnya dengan pertimbangan feasibility dan juga budget, saya prefer pake jasa adek saya dan teman-temannya yang sedang belajar nge-WO. Awalnya ya ngeri-ngeri gitu, karena saya tipikal yang perfeksionis. Ada ketakutan kalau acaranya gak akan maksimal karena dihandle keluarga sendiri. Tapi alhamdulillah, ternyata skill adek saya bisa diacungi jempol. Gak hanya teman-temannya yang trusted dan professional banget, adek saya juga membantu saya mendapatkan vendor-vendor terbaik yang gak pernah terbayang sama sekali bisa afford vendor tersebut.

Belakangan ini saya baru tau kalau ternyata adek saya yang juga buka usaha sewa box seserahan ini sering bantu temen-temennya yang mau nikah dengan budget terbatas. Meskipun masih belajar, jam terbangnya sudah lumayan intermediate lah. Rejeki Allah, nikahan saya banyak terbantu oleh jasanya 😊

Masjid An-Nuur

Dalam konteks saya, akad dilaksanakan di tanah kelahiran saya di Bandung. Berhubung saya dan orang tua prefer suasana yang hikmad, dan kebetulan kami punya memori dan ikatan tersendiri dengan masjid komplek dekat rumah, kami memutuskan untuk akad di masjid. Tapi konsekuensinya, agak ribet saat pindah dari acara akad di masjid ke resepsi di Gedung. Meskipun jarak masjid dan gedung gak jauh (sekitar 2 km tinggal nyebrang komplek), tetap aja gak bisa dianggap sepele.

Prosesi sungkeman di masjid yang penuh haru. Photo by Athaya Stories.

Pertama, rundown mesti bener-bener ditaati minutes to minutes-nya biar gak telat mulai resepsinya. Kedua, butuh kendaraan yang mengantarkan gak hanya manten dan keluarganya, tapi juga para hadirin yang ikut akad (dalam konteks saya ada keluarga besar, sahabat, dan tetangga dekat yang cukup banyak). Ketiga, perlu koordinasi dengan pihak masjid terkait pelaksanaan akadnya. Meskipun pake jasa WO, tetap harus koordinasi juga dengan “WO Masjid” tentang aturan-aturan dan tata cara yang biasa mereka lakukan. Keempat, tentang makanan. Berhubung coffee break disimpen di gedung, saya mesti sedia snack buat konsumsi sementara tamu undangan, biar gak kelaparan saat mengikuti prosesi akad nikah.

Alhamdulillah, koordinasi berjalan sangat smooth dan lancar. Saya happy dan bersyukur banget karena orang-orang masjid ini sangat sangat kooperatif dan helpful. Dari Mulai provide tempat make up, acara yang dimulai on-time dan sangat khidmat, serta sound system yang bagus. Sebelum akad sambil proses saya make-up dan menunggu CPP datang, saya mendengarkan alunan ayat-ayat suci Al-Qur’an dan sholawat yang amaaaat merdu. That was the best cure over my nervousness!!! Salut banget buat management Masjid An-Nuur Komplek Margahayu Kencana ❤️

Masalah kendaraan juga alhamdulillah terselesaikan. Masing-masing anggota keluarga udah di-plot naik mobil apa-apanya dari seminggu sebelum acara. Bapak dan Ibu saya adalah sosok terpenting di balik kelancaran mobilisasi ini. Alhamdulillah banyak tetangga yang bantu juga. Kami pun bisa tiba di gedung resepsi sesuai waktu yang direncanakan. Teteh MUA-ku tercinta pun jadi gak buru-buru buat dandanin untuk acara resepsi.

Tips: buat kalian yang gak mau ribet, sebenernya akan lebih efisien kalau acara akad dan resepsi dilakukan di gedung yang sama. Syukur-syukur kalau di dekat gedung ada masjidnya, atau di atas/bawah gedung ada masjidnya. Selain lebih hemat waktu, juga lebih hemat biaya buat mobilisasi dan konsumsi. Masalah khidmat atau engga, itu gimana pengisi acara sih. Kalau organizernya bagus, ya khidmat-khidmat aja.

Make-Up Artist (MUA): Deasy Fillah dan Filiz Islamic Bride

Nentuin MUA ini gampang-gampang susah. Nyari make up yang sesuai selera kita dan masuk budget itu ibarat ngerjain skripsi. Butuh penelitian mendalam hehehe. Karena pernikahan ini momen sekali seumur hidup yang akan jadi pengingat bagi saya dan bebeb, juga cerita bagi anak-anak dan cucu-cucu kita nanti, buat saya syarat utama sebuah make up adalah riasannya natural dan timeless. Percuma kalau ‘manglingi’ tapi wajah kita berubah drastis. Saya gak mau anak-anak saya nanti liat ibunya kayak orang lain, sementara bapaknya ganteng hahaha.

Ada beberapa nama MUA hits Bandung yang sempat saya incar, diantaranya: Raden Annisa Brides, Nanath Nadia, Tya Astria, dan Deasy Fillah. Hampir setiap hari saya pantengin Instagramnya dan liat perkembangan make-upnya. Pilihan saya akhirnya jatuh sama Deasy Fillah..dan saya sama sekali tidak menyesal. It was one of the best decision I ever made!

After make-up akad, brushed by Deasy Fillah. Photo: Athaya Stories.

Riasan teh Deasy ini natural dan gak ngubah rona asli wajah kita. Saya tau Teh Deasy Udah lama banget, dari jaman Teh Deasy masih Deasy MUA (sebelum ganti ke Deasy Fillah dan membentuk Filliz Islamic Bride). Saya melihat transformasi make up Teh Deasy yang getting significantly better, lebih flawless, lebih shining tapi tetep, gak lebay. Iya, soalnya jaman sekarang blush on nya makin tebel tebel udah kayak kena flu Singapore 😀

Natural shade by teh Deasy Fillah. Photo by Athaya Stories.

Tapi tapi…masalah besarnya adalah…. Budget saya terbatas banget.

Rate teh Deasy yang sebetulnya masih sangat affordable dibandingkan MUA lain itu masih gak kebayang di pikiran saya pada pertengahan 2017 lalu. Tiap hari berdo’a mudah-mudahan sukses ngejalanin project di kantor, mudah-mudahan ada rezeki entah darimanapun itu. Kalaupun engga kesampean, at least dimake-up in sama teh Deasy buat akad aja gapapa deh. Sebegitunya saya ngefans sama dia (teh Deasy kade irungna ngapung 🤣).

Allah Maha Mendengar, do’a saya terkabul melebihi apa yang saya harapkan. Sementara project saya berjalan dengan baik, ehhhhhh tiba-tiba teh Deasy buka announcement di IG Story-nya pada Desember 2017 kalau dia lagi ngasih diskon 20% dan bonus free sewa baju perdana bagi 10 orang terpilih. Syaratnya harus booking maksimal Desember 2017. Gak mikir panjang, saya langsung telpon bebeb dan Ibu saya saat itu juga buat segera menentukan tanggal pernikahan hahahahaha.

Attire akad syar’i by Filiz Islamic Bride (founded by teh Deasy Fillah) ✨

So, the truth is tanggal pernikahan saya gak ada hitung-hitungan tanggal cantik, bulan bagus, dll, tapi murni keputusan yang diambil seketika saat ada tawaran diskon wkwkwk. Saya pikir 1 tahun harusnya cukup untuk menyiapkan semuanya, plus bulan Desember jadwal akademik bebeb sedang tidak sepadat bulan-bulan lainnya. Demi mengejar diskon (puh-leeaseee it’s 20% out of XX mio!) Akhirnya keluarga saya dan keluarga bebeb bertemu untuk pertama kalinya di akhir Desember 2017 😀

Alhamdulillah saya pun bisa menjajal make up akad dan resepsi sama MUA yang saya idam-idamkan. Alhamdulillah bisa kesampean juga pake baju resepsi perdana yang ga pernah kepikiran sama sekali bisa kesampean. Alhamdulillah bisa akad pake siger Sunda, sesuatu yang saya impi-impikan dari dulu (meskipun saya keturunan Jawa, saya merasa Tanah Sunda itu darah saya hehe).

Attire resepsi by Filiz Islamic Bride ✨

Alhamdulillah lagi, proses koordinasi dengan teh Deasy berjalan mulus. Teh Deasy dan timnya care banget sama request kita. Semua anggota timnya ramah-ramah dan sangat customer oriented sekali. Saya malah belajar banget dari mereka, khususnya teh Deasy yang sangat kalem dan tenang saat proses make-upnya padahal saat itu waktu sudah menunjukkan jam 5 lebih (rias akad dijadwalkan ba’da shubuh jam 4, dan tim teh Deasy sudah standby di masjid on-time).

Prosesnya sempat terlambat gegara ruang rias yang belum siap (di masjid masih pengajian ba’da shubuh). Karena saya udah biasa organize event, saya agak kesal saat itu dan khawatir waktu untuk make-upnya kurang, atau make-upnya diburu-buru jadinya gak totalitas. Apalagi ibu saya saat itu bilang ke teh Deasy, “teh kalau gak cukup waktunya make up yang cepet aja”. Ya Allohhhh pengen nangis rasanya denger omongan itu. Yakali cepet cepet, nyari duitnya udah jungkir balik power ranger, terus make upnya disuruh ngasal yg penting cepet itu rasanya 💔💔💔.

Akan tetapi…………. teh Deasy yang mantan atlet Aikido itu dengan kalemnya senyum dan fokus nge-make up. Ga ada rurusuhan, semuanya dilakukan dengan santai dan tenaaaaang banget. Saya bahkan masih sempat sesekali nyemil snack dan ngobrol. Proses make-up pun selesai tepat waktu, sekitar 20 – 30 menit sebelum waktu akad dimulai. Alhamdulillah masih sempat foto-foto sebelum akad juga. Ahhh teh Deasy daebakkk makjjang!!!

Nah di tengah-tengah akad, saya sempat khawatir kalau make up luntur (meskipun kekhawatiran saya non-sense sih soalnya saya tau kualitas make up teh Deasy gak mungkin bikin luntur). Tapi tetep aja yekann pas udah momentnya sungkeman duhhh air mata dan ingus meluber kemana-mana. Sampe-sampe tissue udah ga guna, karena basah sebasah basahnya. Diantara harunya proses sungkeman, sesungguhnya terselip kekhawatiran muka saya berubah jadi zombie.

Prosesi saweran. Make up still on point!

Kekhawatiran saya itu beneran gak kejadian. Berkali-kali si bebeb bilang kalau make up saya stay, gak ada maskara yang luntur atau bulu mata copot. Semuanya masih sempurna. Waaahhhhh ga ngerti lagi sih iniiiii #MasyaAllahTabarakallah.

Make-up resepsi pun berjalan lancar dan on-time. Untuk resepsi saya ingin look yang sederhana: ga terlalu banyak aksesoris dan padanan warna, tapi tetep syar’i. Referensi saya adalah Malaysian/Singaporean/Bruneian-look for Moslem brides, karena looknya yang rata-rata simple, natural dan flawless, tapi kesannya classy dan anggun.

Sebenernya hijab-do dan styling gaya ini mudah tapi gak tau kenapa sedikit banget MUA yang apply look ini buat hijab syar’i. Kebanyakan mereka nambahin banyak aksesoris biar hijab syar’i-nya ga terlalu ‘polosan’ jadinya ruamee banget dan lebay. Alhamdulillah teh Deasy paham keinginan saya dan mewujudkannya melebihi ekspektasi.

Bersama pager ayu dan pager bagus. Attire pager ayu dan pager bagus by Filiz Islamic Bride.

Selain skill teh Deasy, skill timnya juga oke banget! MUA yang mendandani orang tua dan pager Ayu juga skillnya layak diacungi jempol. Gaya make-upnya senada dengan teh Deasy, gaya-gaya natural gak lebay. Sekarang mereka-mereka ini jadi timnya Filiz Islamic Bride, sebuah wedding gallery yang baru teh Deasy bangun beberapa bulan ke belakang ini. Ada teh Yati Hasyim, teh Rani Aamillah, sama Siti Almaira. Mereka semua MUA-MUA keren yang ada di dalam Filiz Islamic Bride.

Busana-busana yang ada di Filiz juga buagus buagusss like seriously bagus! Dulu saya sempet khawatir kalau stok baju teh Deasy masih minim. Setelah berkunjung ke Gallery Filiz, masya Allah…ternyata stock bajunya teh Deasy bagus-bagus. Warna-warnanya gaya pastel dan bold ada, dengan detail beading dan aksesoris yang modern. Gak heran, karena teh Deasy ini terus-terusan improve. Sampe masuk sekolah designer yang feenya puluhan juta. Sampe ‘invest’ Bangun Tim yang solid, punya gallery sendiri. Teh Deasy gak berhenti jadi MUA panggilan, tapi juga jadi fashion stylist, designer, dan entrepreneur yang visi-misinya lebih besar lagi insha Allah.

Gimana yaa, dimake-upin sama MUA idaman itu udah anugerah tersendiri. Ditambah lagi, sosok luar biasa yang kita kagumi itu juga berperan besar di salah satu hari terpenting di hidup kita. Nikmat Allah mana lagi yang akan kamu dustakan??

Tips: kalau kita gak yakin dengan riasan yang kita pengen, bisa request yang namanya test make-up. Berhubung waktu cuti saya dan bebeb terbatas, saya gak sempet buat request ini. Pokoknya it’s okay buat jadi cerewet, yang penting selalu komunikasikan semua request dan harapan kita sedetail mungkin ke MUA. Komunikasi adalah koentji.

Oya kalau mau booking teh Deasy atau MUA lain di Filiz harus dari jauh-jauh hari yaa, karena yang ngantri banyakkk…….***

(To be continued to Part VI)

Share:
Previous Post Next Post

You may also like

3 Comments

  • Reply short term cash loans no credit check

    It’s not boring when you discuss it.. out every blog on this, yours stands out.

    March 13, 2019 at 10:57 pm
  • Reply rica

    Dear Akang & Teteh Calon Pengantin,

    Salam hangat dari HIS Balai Sartika Bandung.

    Sebelumnya apakah Akang & Teteh sudah mendapatkan gedung pernikahan yang tepat untuk pernikahan Akang & Teteh? Jika belum, perkenalkan kami dari HIS Wedding Venue and Organizer Balai Sartika Convention Hall.

    HIS Wedding Venue & Organizer sudah berpengalaman menangani lebih dari 200 pernikahan dengan berbagai macam tema dan impian para pengantin. Kami dengan senang hati akan membantu menjadi bagian dari kesuksesan hari bahagia calon pasangan pengantin berikutnya.

    PAKET SUDAH TERMASUK :
    1. Venue full carpet di Balai Sartika Convention Hall.
    2. Catering – Bebas memilih vendor.
    3. Dekorasi all area – Bebas memilih vendor.
    4. Paket Make Up & Busana – Bebas memilih vendor.
    5. Dokumentasi Prewedding-Siraman-Akad-Resepsi.
    6. Music Entertainment – Bebas memilih vendor.
    7. Upacara Adat.
    8. MC Akad & Resepsi.
    9. Acara Adat Siraman & Pengajian.
    10. Wedding public relations & wedding planner untuk calon pengantin.
    11. Wedding executor by HIS.

    KELEBIHAN YANG DIDAPATKAN:
    1. Ballroom Full AC.
    2. Gedung Full Carpet, Lampu Kristal.
    3. Ruang rias ekslusif.
    4. 350 kursi permanen, sudah termasuk listrik 15.000 watt & genset.
    5. Service dari Wedding Public Relations, Wedding Planner & Wedding Executor di HIS Balai Sartika.
    6. Free Charge Kebersihan, Free Charge Masjid dan Akses Tol & Jalan Mudah.
    7. Paket Fleksibel dapat berubah sesuai kebutuhan Calon Pengantin.
    8. Porsi Catering menyesuaikan kebutuhan Calon Pengantin.

    Jika Akang dan Teteh membutuhkan informasi lebih lanjut, silakan untuk menghubungi saya melalui telfon atau Whatsapp di 081220713315 (Rica Valenti), atau Akang dan Teteh bisa langsung mengunjungi kantor HIS Balai Sartika di Jalan Suryalaya Indah no 1-3 Bandung.

    Berikut photo dan video lainnya bisa kunjungi
    INSTAGRAM : @his_balaisartika

    Diantos Akang Teteh..

    February 15, 2020 at 4:50 am
  • Reply Sri Ayu hartini

    Dear Akang & Teteh Calon Pengantin,

    Salam hangat dari HIS Balai Sartika Bandung.

    Sebelumnya apakah Akang & Teteh sudah mendapatkan gedung pernikahan yang tepat untuk pernikahan Akang & Teteh? Jika belum, perkenalkan kami dari HIS Wedding Venue and Organizer Balai Sartika Convention Hall.

    HIS Wedding Venue & Organizer sudah berpengalaman menangani lebih dari 200 pernikahan dengan berbagai macam tema dan impian para pengantin. Kami dengan senang hati akan membantu menjadi bagian dari kesuksesan hari bahagia calon pasangan pengantin berikutnya.

    PAKET SUDAH TERMASUK :
    1. Venue full carpet di Balai Sartika Convention Hall.
    2. Catering – Bebas memilih vendor.
    3. Dekorasi all area – Bebas memilih vendor.
    4. Paket Make Up & Busana – Bebas memilih vendor.
    5. Dokumentasi Prewedding-Siraman-Akad-Resepsi.
    6. Music Entertainment – Bebas memilih vendor.
    7. Upacara Adat.
    8. MC Akad & Resepsi.
    9. Acara Adat Siraman & Pengajian.
    10. Wedding public relations & wedding planner untuk calon pengantin.
    11. Wedding executor by HIS.

    KELEBIHAN YANG DIDAPATKAN:
    1. Ballroom Full AC.
    2. Gedung Full Carpet, Lampu Kristal.
    3. Ruang rias ekslusif.
    4. 350 kursi permanen, sudah termasuk listrik 15.000 watt & genset.
    5. Service dari Wedding Public Relations, Wedding Planner & Wedding Executor di HIS Balai Sartika.
    6. Free Charge Kebersihan, Free Charge Masjid dan Akses Tol & Jalan Mudah.
    7. Paket Fleksibel dapat berubah sesuai kebutuhan Calon Pengantin.
    8. Porsi Catering menyesuaikan kebutuhan Calon Pengantin.

    Jika Akang dan Teteh membutuhkan informasi lebih lanjut, silakan untuk menghubungi saya melalui telfon atau Whatsapp di 081220713315 (Rica Valenti), atau Akang dan Teteh bisa langsung mengunjungi kantor HIS Balai Sartika di Jalan Suryalaya Indah no 1-3 Bandung.

    Berikut photo dan video lainnya bisa kunjungi
    INSTAGRAM : @his_balaisartika

    Diantos Akang Teteh..

    February 15, 2020 at 4:50 am
  • Reply Angelita Apriliana

    Salam hangat dari HIS Kologdam Bandung!

    Mengusung sistem ‘One Stop Wedding Service’, HIS Kologdam Bandung telah mewujudkan lebih dari 100 pesta pernikahan.

    Paket ditawarkan include: Venue, Catering, Dekorasi, Rias Busana, Photography, Upacara Adat, Entertainment, WO, MC, Wedding Car.

    Banyak BONUS dan PROMO loh!!! Wujudkan pernikahan impianmu di HIS KOLOGDAM BANDUNG! 🙂

    More Info:

    ANGEL 082117741873 (WA/CALL)

    February 23, 2020 at 6:49 am
  • Leave a Reply

    %d bloggers like this: