Follow:
Drakor, Review

Review VIP: Drakor yang Bikin Kaum Hawa Naik Darah

VIP menceritakan kisah seorang wanita karir bernama Na Jung-sun (Jang Na-ra) yang bekerja menangani klien-klien super eksklusif a.k.a VIP di sebuah department store ekslusif. Dia menikah dengan Park Sung-jun (Lee Sang-yoon) yang kebetulan kerja di tempat yang sama, di team yang sama pula. Drama ini akan menceritakan bagaimana sebuah skandal yang tak terduga pada akhirnya akan menghancurkan hidup mereka.

Title: VIP. Director: Lee Jung-rim. Writer: Hae Won. Starring: Jang Na-ra, Lee Sang-yoon, Lee Chung-ah, Kwak Sun-young, Pyo Ye-jin. Release: October 2019. Episode: 16. Network: SBS (Image: Hellokpop).

Meskipun nama Jung-sun dan Sung-jun nampak “berjodoh” (abis dibulak-balik kok ya match seeh), tapi takdir mereka gak sejodoh dengan namanya. Seperti judul di atas, skandal yang ada di drama ini bakalan bikin kita jadi emosi tiap hari. Literally emosi bangettt…apalagi kalau sebabnya kalau bukan ngebahas masalah affair alias perselingkuhan.

Jang Na-ra, Queen of the Show

Sejujurnya awal kali tau ada drama VIP ini, saya gak seberapa excited, karena gak seberapa ngefans juga sama Jang Na-ra. Image JNR yang imut dan baby face ini melekat kuat banget di pikiran, jadi saya pikir dia gak akan seberapa cocok main di heavy drama gitu-gitu. Terakhir kali nonton The Last Empress juga gak sampe habis, karena ga seberapa sreg sama jalan ceritanya.

Gegara sering liat trailernya di Kocowa inilah saya makin penasaran dan akhirnya memutuskan buat nonton series VIP ini. Gilasehhhhhh JANG NARA ROCKS AS A QUEEN!!!! Serius gengs, I’m not even exaggerating at all.

You don’t wanna mess with Na Jung-sun. (Image: Hancinema.net)

Jang Na-ra tampil sebagai Jung-sun yang gentle, kind-hearted, smart, dan kompeten di bidang pekerjaannya…tapi di sisi lain dia sangat fragile saat tau suaminya selingkuh dan saat ketemu selingkuhan suaminya. Tatapan dan the way she smile and walks-nya itu…gila sih…kelas banget!

Ini bukan drama menye-menye dimana masing-masing pihak bakalan berantem kek anak kecil rebutan mainan. Drama ini bahkan ‘menyembunyikan’ identitas si pelakor sampe episode ke-9. Kita dibikin puzzled, merasakan emosi perlahan-lahan, tapi gak tau juga mau misuhin siapa selain si suaminya yang kacau. Ya gimana gak kacau, Jang Na-ra kurang perfect apa coba 😤.

It’s More Than Just an Affair

Satu hal yang bisa saya simpulin setelah nonton VIP, mungkin yang namanya affair bentuknya gak mesti lust. Drama ini nunjukkin celah lain yang menjadi sebab dalam sebuah affair yang bikin kita jadi mikir….. bahkan hubungan yang paling nampak ‘sempurna’ atau bahagia dari power couple sekalipun gak kebal sama ancaman laten ini.

Couple goals banget kan??? I think we can agree to ship them in real life 😆

Kebetulan di Indonesia sendiri masalah affair selalu jadi topik yang trending, apalagi kalangan mamak-mamak kan ya. Ngerembetnya juga bisa kemana-mana bahasannya. Masih belum lepas ingatan kita sama kisah layangan putus yang sempet viral beberapa bulan lalu. Semakin kesini jadi mikir kalau ngejaga hubungan sama pasangan itu gak berhenti sampe cincin udah terpasang di jari manis, tapi ya usaha yang konsisten, terus menerus, sepanjang hayat.

Balik lagi ke drama VIP ini, menurut saya plotnya cukup menarik untuk diikuti. VIP lebih dari sekedar cerita perselingkuhan. Inti cerita sebenarnya adalah kehidupan para eksekutif yang harus terlihat super ekstra di hadapan klien VIP mereka, namun menyimpan banyak rahasia di baliknya. Ada sosok eksmud yang kelihatan mapan tapi ternyata punya utang selangit, ada juga sosok working mother yang banting tulang ga karuan.

It’s more than just an office scandal. (Image: Hancinema.net)

Mungkin untuk yang gak seberapa suka drama, plotnya agak sedikit slow di awal-awal ya, tapi buat saya sih engga. Justru elemen bikin penasarannya lumayan kuat dan kita menikmati suguhan acting semua cast disini yang outstanding…bikin betah buat ngikutin ceritanya sampe akhir.

The Rating Don’t Lie

[PLEASE BEWARE OF SPOILER AFTER THIS]

Buat yang percaya sama rating, drama ini ratingnya naik terus kok. Ini nunjukkin kalau kualitas ceritanya makin kesini makin enjoyable buat ditonton. As the main actress, Jang Na-ra mampu tampil sebagai pribadi yang lovable saat jadi istri Sung-jun, dan di satu sisi sebagai orang yang fierce and know her worth.

Sabar ya, mbak Yejin…

Gak cuma Jang Na-ra aja yang menurut saya patut diapresiasi. Tentunya bumbu pedas dari cerita ini sendiri, yaitu Lee Sang-yoon dan Pyo Ye-jin! Instagram mereka bahkan diserbu para netijen yang kebawa emosi. LSY tidak tampak sebagai sosok pria yang powerful atau dominan seperti banyak pelaku affair yang kita dengar di cerita-cerita. Justru LSY lebih terlihat powerless, dingin, dan ngerasa gak bersalah sama apa yang dia lakukan kepada istrinya.

Pyo Ye-jin on the other side, terlihat sangat innocent sekali. Kalau baca di komentar netijen sih konon katanya ini yang bikin mereka makin naik pitam. Entah apa yang dia rasakan saat membaca caci makian di IG pribadinya, antara bangga sama pencapaian actingnya yang melejit atau malah kesel ya sama netijen-netijen julid ini 😂

Salah satu komen netijen, di-screen capture dari Instagram Pyo Ye-jin (@yjiinp)

Oya meskipun cerita perselingkuhan jadi topik utamanya, side story lainnya juga gak kalah seru kok. Saya sangat menikmati hubungan persahabatan antara Jung-sun dan Hyun-ah (Lee Chung-ah) yang tulus banget. Kisah cinta antara Hyun-ah dan Cha Jin-ho (Jung Joon-woon) mampu menjadi ruang refresh di sela-sela drama yang tense.

Final Verdict

Buat penyuka drama, VIP ini must-watch banget sih. Binge-watch materials juga, jadi hati-hati buat yang gak sabaran yaaa. The plot, the acting, the conflict, semuanya worth it buat diikutin sampe abis.

Untuk ending ceritanya, buat saya sih udah cukup menyimpulkan akhir cerita Jung-sun dan Sung-jun. Keputusan writer-nim untuk tidak memberikan akhir yang win-win menurut saya tepat, karena yang namanya hubungan rusak itu butuh healing, and I think it’s best for all parties to part ways and decide for themselves.

Score from me: 8.2/10***

Feature image: Cultura Magazine



Share:
Previous Post Next Post

You may also like

2 Comments

  • Reply Mila Journeys

    Maju mundur mulu pengen nonton ini padahal mah sering bgt muncul di Twitter pada ngehujat si pelakor wkwk. Thanks reviewnya mbaak aku amsukin list next drama to watch

    December 30, 2019 at 8:20 am
    • Reply Cinta

      hihihi ayo nonton mbaaa mumpung masih libur kalau marathon ga seberapa guilty feeling hihihi~ >.<

      December 30, 2019 at 8:53 am

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: