Follow:
Drakor

Review Crash Landing on You: Drakor yang Bikin Halu

Okaayy…nampaknya saya telat banget buat nge-review drakor yang mempersatukan umat sedunia ini πŸ˜‚ Nonton Crash Landing on You udah dari awal tahun, tapi baru kesampean buat nulis lagi. Sempet ragu sebenernya, mau nge-review apa enggak, since everybody has talked about it. Tapiii tak ada salahnya lah ya, anggap aja masih anget-anget bahas Baeksang Arts Awards seminggu yang lalu, dimana OTP CLOY sama-sama dapet nominasi dan penghargaan bergengsi. Ulala~

Oke, first things first. Ini drama CINTA-CINTAAN yaa.. catet! Udah jelas dari judulnya, bikin halu. Agaknya cukup realistis kalau saya bilang seperti itu, karena gak ada yang realistis di percintaan drakor ini πŸ€ͺ Nonton ini pun karena otak butuh sedikit melarikan diri dari realita kehidupan dengan drama cor*na dan masalah-masalah pengikutnya. Tbh, it works well! Yaudah lah yaa daripada kebanyakan intro.. here we go…

Title: Crash Landing on You/ Emergency Love Landing (μ‚¬λž‘μ˜ λΆˆμ‹œμ°©). Director: Lee Jung-hyo. Writer: Park Ji-Eun. Starring: Son Ye-jin, Hyun Bin, Seo Ji-hye, Kim Jung-hyun. Release: December 2019. Episode: 16. Network: tvN

Seperti trailernya, Crash Landing on You bercerita tentang Yoon Se-ri (Son Ye-jin), seorang chaebol ternama di Korea Selatan yang ujug-ujug mendarat di wilayah demiliterisasi Korea Utara dan bertemu tentara Korut bernama Ri Jeong-hyeok (Hyun Bin). Alih-alih dilaporin ke Badan Keamanan Korut, si Captain Ri malah menyembunyikan Yoon Se-ri di rumah dinasnya dan alhasil, keduanya malah jatuh cinta satu sama lain.

[BEWARE, SPOILER ALERT!]

Predictable Plot, yet Humanizing

Dari segi cerita, Crash Landing on You mengadopsi formula kebanyakan drakor bergenre rom-com pada umumnya. Dua orang gak sengaja ketemu, masing-masing punya masalah hidup yang berat di masa lalunya, saling ‘berhutang budi’ dan menyamar…ujung-ujungnya jadi bucin. Secara general, plotnya masih bisa diprediksi. Yaa emang targetnya bikin gemesh, bukan bikin penasaran wkwkwk.

Kapan lagi liat Hyun Bin kwiyowooo kaya gini wkwkwk~

Tapi harus saya akui, yang saya suka dari plot Crash Landing on You ada dua. Pertama, alurnya gak bertele-tele. Waktu Captain Ri udah suka sama Yoon Se-ri, karakternya gak dibikin pura-pura benci seperti kebanyakan rom-com lainnya. Suka ya suka. Bahkan Captain Ri cukup blak-blakan dan jujur sama perasaannya. Demen nih gw sama laki kayak gini.

Yoon Se-ri juga gak jadi pura-pura bego pas nyadar kalau dia kepincut sama Captian Ri. Justru dia makin agresif (mungkin karena as a chaebol, pengalaman pacaran sama banyak orang demi pamor yaa~). Dari awal cerita, Seri udah ngomong kalau Captain Ri emang tipe-nya banget. Jadi kalau Captain Ri ngasih perhatian yang uwu buat Se-ri, bukannya makin kesel, dia malah makin usil buat teasing RJH.

Image: Imgur.

Kedua, saya suka banget sama dialog-dialognya! Naskahnya well-written banget. Gak ada dialog yang ambigu atau kerasa cringey (ini dialog yaa bukan scene). Plus, kepiawaian SYJ & HB sebagai aktor senior bikin karakter #RiRiCouple ini lebih hidup dari sekedar orang yang jatuh cinta tapi terhalang batas negara.

Percakapan antara SYJ & HB rasanya bikin anget. Meskipun realitas yang mereka hadapi sangat gak relatable dengan audiens, mereka berhasil menghadirkan kedalaman dalam setiap percakapan antar keduanya. Dari mulai ngomongin keluarga sampai alasan bertahan hidup. Uniknya, drama-drama Korsel sekarang memang lebih banyak mengangkat tema-teman tentang “life”, seperti menyisipkan pesan intrinsik: “live and love your life, no matter how hard it is.”

I sincerely want both of you to arrive at the same right station πŸ–€. Image: Pinterest.

Karakterisasi Warga Korut yang Unik dan Kepiawaian para Cast

Selain karena meme kreatif warganet +62, Crash Landing on You ini viral di Indonesia karena banyaknya para influencers yang ikut kebawa mellow dan kepincut sama Captain Ri. Gak sedikit juga yang nangis bombay pas nonton episode terakhir. Jujur, ingin juga ikutan terharu pas scene Yoon Se-ri lari-lari itu, tapi kepalaku udah penuh meme-meme twitter dan video IG versi Seri dikejar ondel-ondel lah, Seri gak boleh WFH lah…jadinya gak khusyuk penghayatan ceritanya 🀣

Namun…di balik semua meme-meme itu, yang paling bikin mellow buat saya justru scene dimana emak-emak di Korut saling gotong-royong satu sama lain saat tetangganya ada yang kesulitan. Ini asli kocak banget sih peran si emak-emak ini. Mereka bisa saling menyindir dan mencibir, juga saling berebut perhatian dari si istri Letkol. Tapi giliran ada kesulitan, mereka ganas gitu loh ngelindungin satu sama lain dari ancaman luar.

The ahjummas and Choi Sam-suk squad.

Sama satu lagi. Saya suka banget scene-scene saat Yoon Se-ri berbaur dengan anggota kompinya Captain Ri. Karakter Pyo Chi-su si tukang ngeluh, Kim Ju-meok si bucin drakor, Park Kwang-beom si diem-diem ganteng, dan si bocah Geum Eun-dong. Seri jadi kayak kakak tertua yang ngemong adek-adeknya gitu. Setiap scene dan dialog sederhana jadi terasa menyenangkan buat diikuti. Gak mboseni sama sekali, apalagi mereka juga kocak-kocak.

Pretty noona who crash-landed in our land.

Kesan warga Korut yang ditampilkan di drama ini berbeda dari ekspektasi saya. Writer-nim membuat mereka sebagai sosok yang human, dengan menampakkan mereka yang hidup bertetangga, saling membantu satu sama lain, dan berjuang bertahan hidup demi keluarga.

Saya gak tau apakah potrayal masyarakat Korut yang sebenernya seperti ini, tapi terlepas dari itu semua, mungkin memang kisah ini sengaja ditampilkan untuk menunjukkan kalau orang Korsel dan Korut sejatinya sama aja. Mereka masih satu rumpun, punya kebudayaan yang gak jauh berbeda dan banyak kesamaan lainnya.

Image: Imgur.

RiRi Couple, the Real Deal

Okee…. siapa yang udah nunggu saya ngebahas dua sejoli Captain Ri dan Yoon Se-ri ini? The talkable couple yang menghentakkan perhatian semesta hingga melahirkan shippers-shippers BinJin baru di seluruh dunia? (gueee salah satunya πŸ€ͺ)

Sebelum saya bahas, mau clarify dulu nih..biar kesannya gak bias.

Sosok Son Ye-jin bukan nama baru di K-Ent. Tahun ini genap 20 tahun sudah dia berkarir sebagai aktris. Saya kenal Ye-jin ((kenaaalll…)) dari semenjak SMA, pas gak sengaja liat dramanya sama Cha Tae-hyun, “Lover’s Concerto”. Sama dia pas main dengan Jo In-sung di “Classic”. Anjayy…lama banget ya itu.

Son Ye-jin in Classic. The beauty stand stills. Image: Asianwiki.

Aktris senior yang terkenal dengan sebutan “Queen of Melodrama” ini mendadak viral lagi setelah main sama Jung Hae-in di Something in the Rain. Saya gak nonton dramanya karena age gap Hae-in dan Ye-jin terlalu jauh ahahaha. Apalagi chemistry SYJ dan JHI too much aja sih menurut saya. Jadi jadi… waktu pretty noona ini tiba-tiba mau main drama bareng Hyun Bin, saya gak berekspektasi apapun.

Hyun Bin sendiri, bukan nama yang asing di telinga pecandu drakor tanah air. Namanya booming di era Secret Garden, sekitar tahun 2010. Saya inget banget waktu itu masih kuliah. Sebagai penghuni asrama lantai 2, hampir tiap sore tuh kita semua kumpul di satu kamar buat nobar SG hahaha. Entah kenapa dulu saya biasa aja gitu sama HB, malah lebih antusias sama Ha Ji Won.

Tapiiii tahukah Anda bahwa bapak bos alias daepyonim dari VAST Entertainment ini dulu pernah satu panggung dengan Syahrini di Indonesia?? Yess,, Anda tidak salah dengar pemirsa! Hyun Bin a.k.a Captain Ri ini satu panggung dengan Incess dan sempet ngomong “se-su-a-tu”.

Captain Kim Tae-pyung sebagai Duta Pertahanan (Marinir) Korea Selatan.
Nope. Ini ASLI bukan editan ya wkwkwk~. Image: WowKeren.

Anyways… baik SYJ dan HB itu hakikatnya sama-sama aktris dan aktor senior. Dua-duanya punya star power dan acting prowess yang gak diragukan. Fanbasenya di Asia juga cukup besar. Jadi kebayang, kalau dua-duanya main drama bareng…bisa pecah sih.

Terlepas dari adanya dating rumour, baik SYJ dan HB sama-sama deserves a credit buat peran mereka yang all-out di Crash Landing on You. Emosi yang ditampilkan Son Ye-jin selalu on-point, ga lebay sama sekali sih. Kayak efortless aja gitu si mbaknya jadi peran yang berbeda-beda: saat Yoon Se-ri jadi CEO ngehe, saat Se-ri terdampar di Korea dan gak punya uang sama sekali, juga saat dia bucin sama Captain Ri yang bikin ngakak sambil nangis.

Son Ye-jin bukan cuma punya visual yang ga usah diragukan tentunya, tapi kecerdasan, elegance, dan witty-ness nya dalam beracting yang gak bisa di-copy aktris lainnya. Dia berhasil menciptakan sosok Yoon Se-ri yang irreplaceable. Menurutku, ini semacam Unique Selling Point-nya SYJ. Saya setuju sama Bin-ssi kalau there’s no other actress can play better Yoon Se-ri than Ye-jin-ssi.

Son Ye-jin in a tough yet ambitious CEO style.
Son Ye-jin in a penniless, “kampong”, and lost mode in North Korea.

Di sisi lain, Hyun Bin menjelma jadi sosok Captain Ri yang dependable. Selain belajar keras buat berbicara dengan aksen Korut, HB juga doing intense workout supaya bentuk badannya lebih proporsional sesuai karakter Ri Jeong-hyeok. Oh yes, selain belajar piano juga tentunya. Apa sih yang gak bisa ditaklukan daepyonim? 😌

Hyun Bin seriously can play a piano, y’all.

Selain jadi perbincangan netizen karena Hyun Bin menjelma menjadi sosok ahjussi yang aging like wine ini alias makin tua makin hanteng….Captain Ri ini emang bikin cewek-cewek jadi halu. HB berhasil menampilkan sosok RJH yang tough, strong-willed, tapi uwu uwu gimanaaa gitu. Buat saya yang udah nikah sih biasa aja ya hahaha (udah ga mempan dikasih tampang sweet sama ahjussi), tapi saya cukup menikmati momen-momen uwu-nya bersama Yoon Se-ri. GET MARRIED LAH YOU TWO!

So…intinya dari penjelasan panjang x lebar x tinggi ini adalah… kalian gak akan kecewa sama acting keduanya. They are perfect for each other in Crash Landing on You (and shall we hope in real life too? πŸ–€).

The Villain and Toxic Chaebol Family

Sosok villain, Cho Cheol-gang yang diperankan oleh Oh Man-seok lumayan bikin merinding lahhh. Saya suka ekspresi kejahatan dan keserakahannya hahaha. Biarpun dia powerless sih sebenernya, tapi tatapan dan cara ngomongnya on-point. Apalagi ditambah dialek Korutnya itu, ngeri ngeri sedap lahh.

Oh Man-seok deserves special credit for being the most annoying guy in NK.

Bagian yang paling saya gak suka adalah keluarganya Yoon Se-ri! Asli dah, kayak pengen nge-skip aja gitu scene-scene yang isinya kakak-kakak serakah yang gak tau diri itu. Saya jadi bingung, kok bisa sih Se-ri bener sendiri gitu…di saat kakak-kakak kandung dan kakak-kakak iparnya gak nggenah semua. Bapak sama emaknya juga dah, Seri ngilang kok ga ada heboh-hebohnya. Beda banget sama drakor biasanya, kalau ada yang keluarga yang hilang/meninggal pasti nangis udah kayak orang gila. Se-toxic itukah keluarga chaebol??

Well-Researched Script, Breathtaking Set, and the OST

Aside from the casts, hal yang menurut saya layak banget diapresiasi adalah kualitas dialog antar pemain. Terlepas ini film romance, saya bisa merasakan kondisi sosiologis masyarakat Korea Utara dari dialog-dialog para pemainnya.

Masih inget banget waktu Geum Eun-dong cerita ke Seri kalau dia baru bisa ketemu ibunya setelah tugas militer selama 10 tahun. Diceritakan juga, desa tempat tinggal keluarganya yang jauh dari mana-mana, sepi dan dingin..dimana mereka masih mengandalkan kayu bakar untuk memasak. Sementara talking rice-cooker udah jadi barang biasa di Korsel, kompor aja masih jadi teknologi yang hanya bisa dimiliki orang-orang ber-privilege di Korut.

When Captain Ri’s squad had to step-up in South Korea with their ‘style’.

Sindiran-sindirannya juga on-point banget lah. Dari mulai penyelundupan skincare dan perabot Korsel ke Korut, susahnya seorang anak ngerjain PR karena ga ada listrik ketika malam hari, sampai kegemaran mereka nonton drakor Korsel secara diam-diam. Sedikit banyak, realitas ini agaknya gak jauh beda dengan aslinya, kalau yang saya baca dari artikel-artikel di web.

Kedua, setting alias latar belakang tempatnya picturesque banget lah. Asliikkkk jadi pengen ke Swiss suatu saat nanti (aaamiiinnn paling seirussssss πŸ™πŸ»βœ¨). Setting pedesaan tempat Captain Ri tinggal juga warm banget vibes-nya.

Didengerin tiap hari gak bosen-bosen. Emang Korea jagonya bikin OST dah.

Ketiga, OST-nya dongsss!! Sampe sekarang, lagu-lagunya masih ada di list Spotify saya. Davichi, Yoon Mirae, Kim Jae-hwan dan IU, beberapa dari pengisi OST-nya udah gak asing lagi pastinya. Tapiii favorit saya justru penyanyi trot, Song Ga In dengan lagunya “Photo of My Mind” yang stuck banget di kepala. Mungkin karena melodinya patriotik ya.. jadi kerasa banget kalau drama ini complicated karena berhubungan dengan cinta lintas batas negara yang almost…impossible.

Oya ada satu lagi sih yang ini jadi lagu wajib saya di Spotify. Musik, lebih tepatnya. “The Song for My Brother”, lagu yang dimainkan sama Captain Ri untuk mengenang kakaknya. Melodinya bikin relaks…dan jadi keingetan aja gitu sama orang-orang terdekat. Menurut saya, dari semua OST mungkin musik ini yang paling goes straight to the heart.

Final Verdict: Nikmatin Aja, Jangan Dipake Mikir

Beberapa teman saya yang nyoba nonton Crash Landing on You tapi give up di tengah jalan bilang: “aku gak sanggup Cinta…ini terlalu lebay ah. Scene-nya bikin giung, terlalu ga jelas. Plotnya paling gini paling gitu..ga seru”. Nah, tandanya anda kebanyakan mikir wkwkwk~~

Asli, drama CLOY ini gak boleh dipikir ya..tapi dinikmati aja πŸ˜πŸ˜‚πŸ˜‚ Kalau anda pengen yang mikir-mikir, romcom bukan solusi. Saya akui, di antara episode 1-4 saya sempet bilang “hadeuuuh” karena scene-scene yang lebay (contoh: paragliding bareng demi menghindar dari kejaran Cho Cheol-gang). Nah disitu saya kebanyakan mikir tuh. Kok bisa parasutnya masih bisa dipake, kok bisa bajunya masih utuh dan gak kotor padahal di rumah Captain Ri kagak ada laundry wkwkwk. Jadi, nikmati aja yah kehaluan K-dramaland ini ahahaha.

I can assure you – if you believe my words – aside from that particular scene and the overly horrible Yoon ‘chaebol’ family, semuanya bisa dinikmati dan bikin happy.

One of my most favorite moments from #RiRiCouple. This conversation! Mbak Ye-jin sampe nangis beneran loh pas acting, sampe kebawa situasi katanya.

Bagian yang paling saya nikmati adalah interaksi dengan anggota kompinya Captain Ri (mereka kocak parah… makin kesini makin konyol sih), interaksi dengan ibu-ibu RT di Korut, juga tragic love story dari Seo Dan dan Gu Seung-joon.

Oh satu lagi. Siapa yang bisa menolak ke-uwu-an RiRi couple di masa pandemi ini? They’re literally the reason why I can smile ear to ear during this tough times!

Score from me: 8.7/100.
Binge-worthy: Yes, tapi saya gak binge-watching sih. Gak kuat haha.
Re-watch: definitely yesss if I need some VitaBin and EnerJin!***


Share:
Previous Post Next Post

You may also like

2 Comments

  • Reply Ifandha

    Sudah lama pengen banget nonton drakor ini..nunggu yang lain kelar dulu..saking banyakx list drakor yang pengen sya nonton, hehehe..

    Suka sama reviewnya jadi pengen cepet2 nonton..bacanya sampai senyum2 sendiri, bikin halu y 😁

    June 13, 2020 at 2:53 pm
    • Reply Cinta

      wah thank you …
      aslinya nulis ini karena ga bisa move on dari Baeksang kemarin hihihi.Asli sih drakor beberapa bulan terakhir ini bagus-bagus. CLOY, When the Camellia Blooms, TWOTM, Hospital Playlist, Stove League..itu juga semuanya masih on the list.

      June 14, 2020 at 3:28 am

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: